Realisasi APBN dan APBD di Gorontalo Triwulan I Melebihi Target

INDONESIASATU.CO.ID:

gorontalo - Senin (16/4) Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo dan Pemerintah Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (rakorev) Pelaksanaan APBN dan APBD Triwulan I Tahun 2018 di Ruang Dulohupa Kantor Gubernur Gorontalo. Rakorev dipimpin oleh Plh. Sekda, Anis Naki, yang dihadiri oleh seluruh Bupati/Walikota serta pimpinan SKPD dan perwakilan instansi vertikal pengelola APBN.

Dalam acara ini, dipaparkan kinerja pelaksanaan anggaran baik dari satker vertikal maupun SKPD seluruh provinsi Gorontalo. Pemaparan Kepala Biro P2E, Wahyudin Katili, secara umum serapan anggaran APBD pada Triwulan I ini sudah cukup baik dimana dana APBD Propinsi/kabupaten/kota sudah terserap 11,65% dari target sebesar 7,65%. Sementara plh. Kakanwil Djpb Prop. Gorontalo, Gd. Komang Putra Wijaya, menjelaskan realisasi dana APBN sudah terserap 15,34% dari target 15%.  Ini suatu pencapaian yang harus tetap dijaga supaya distribusi APBN merata sepanjang tahun sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi namun juga harus menjaga indikator kinerja pelaksanaan APBN tetap baik. Kakanwil Djpb, memaparkan juga kinerja penyaluran DAK fisik dan Dana Desa. Total penyaluran Dana Desa Tahap I dari RKUN ke RKUD adalah sebesar 107,41 Miliar , sementara tahap II baru mencapai 100,01 miliar. Untuk DAK Fisik sampai dengan akhir Maret 2018 belum ada realisasi (0%).

Dalam rakorev ini beberapa rekomendasi disampaikan oleh Kakanwil Djpb kepada Pemerintah Propinsi, Para Bupati dan Walikota untuk segera ditindaklanjuti dalam menjaga distribusi APBN dan APBD dapat berkesinambungan dengan tetap sesuai ketentuan. Sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terjaga dengan baik.
Melalui kegiatan ini diiharapkan kerjasama pertukaran data dan informasi antara Kanwil DJPb dengan Pemprov Gorontalo akan terus berjalan dengan baik sehingga dapat mengawal APBN dan APBD dengan lebih maksimal.

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita