Pusat Investasi Pemerintah Dan Pemkab Bone Bolango Bahas Teknis Kerjasama Joint Financing Kredit Ultra Mikro (UMi)

INDONESIASATU.CO.ID:

Gorontalo - Jumat (13/2) Bertempat di Kantor Bupati Bone Bolango berlangsung rapat pembahasan skema kerjasama penyaluran kredit ultra mikro (UMi) antara Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dan Pemkab Bone Bolango. Pertemuan dipimpin Sekretaris Daerah, Ishak Ntoma, dari PIP diwakili Direktur Kerjasama Pendanaan dan Penyaluran Pembiayaan, dan Direktur Hukum dan Manajemen Resiko, serta di hadiri oleh Kakanwil DJPb Gorontalo, Para Pimpinan Lembaga Keuangan Bukan Bank, PT. Pegadaian, PT. BAV, PNM, Koperasi dan Pejabat dilingkungan Pemkab Bone Bolango. Pembahasan ini merupakan tindaklanut dari inisiatif Pemkab Bone Bolango yang telah mengalokasikan investasi jangka panjang non permanen pada tahun 2018. Kadis Perindag dan UMKM, Basir Noho, dalam pembukaan menyampaikan latar belakang telah dialokasikannya dana untuk pembiayaan Kredit Ultra Mikro, karena keseriusan Pemkab Bone Bolango  untuk membantu akses permodalan bagi masyarakat ataupun UMKM sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masarakat. Basir Noho, menjelaskan " pada awalnya adalah setelah mengikuti sosialisasi dan pertemuan dengan Kanwil DJPb Gorontalo, tercetus ide membuat BLUD dana Bergulir namun berjalannya waktu setelah terbentuknya PIP yang menyalurkan kredit Ultra Mikro akhirnya diputuskan yang lebih efisien adalah dengan melakukan kerjasama pembiayaan, makanya segera dalam pembahasan APBD di tahun 2017 dialokasikan investasi jangka panjang non permanen ". Direktur Kerjasama Pendanaan dan Pembiayaan PIP, R. Nurhidajat, menyampaikan apresiasi atas inisiatif Pemkab Bone Bolango yang telah mengalokasikan dana join financing penyaluran kredit ultra mikro (UMi) , " Bone Bolango adalah pemerintah daerah pertama yang telah mengalokasikan dana pada APBD 2018, dan PIP akan membuka ruang untuk skema kerjasama yang akan dituangkan dalam MoU ataupun perjanjian kerjasama (PKS) yang nanti nya akan menjadi acuan bagi pemda lainnya yang ingin berperan serta."

Kakanwil DJPb, Ismed Saputra, dalam pengantar menyampaikan perluasan akses permodalan untuk masyarakan dan UMKM adalah penting dan disini peran Pemda melalui dinas terkait melakukan klasifikasi dan pembinaan terhadap masyarakat dan UMKM, mana yang harus dapat bantuan sosial, dana bergulir ataupun skema pembiayaan lainnya sehingga terjadi kesinambungan pengembangan usaha. Selanjutnya masing masing LKBB di gorontalo diantaranya PT, BAV, PT. PNM dan PT. Pegadaian serta Koperasi di Bone Bolango memaparkan teknis dan syarat penyaluran  pembiayaan yang selama ini merekai kelola.

Diakhir pertemuan Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma, menyimpulkan akan di tindaklanjuti terlebih dahulu MoU join financing dan dilanjutkan dengan penandatangan perjanjian kerjasama dengan lembaga keuangan bukan bank yang akan berpartisipasi dalam penyaluran kredit ultra mikro (UMi) sesuai dengan time frame yang telah disusun Dinas Perindag dan KUKM.

Index Berita