Pemkab Boalemo Dan Kanwil DJPB Gorontalo Lakukan MOU Dan Bimbingan Rekonsiliasi Kas

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartagorontalo.com : Gorontalo - Sinergi Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Gorontalo dengan Pemerintah Daerah semakin erat. Hari Kamis (4/10), bertempat di Ruang Aula Mohuyula, Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Sosialisasi Peran Penatausahaan Keuangan dan Penyusunan Rekonsiliasi Keuangan Kas (siREKAM) beserta penandatanganan MoU antara Pemda Kabupaten Boalemo dengan Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo. Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk sharing knowledge Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo terkait aturan dan praktik pertanggungjawaban bendahara dan rekonsiliasi kas untuk mendukung upaya mempertahankan pencapaian Laporan Keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian Pemda Kabupaten Boalemo.

Kegiatan sosialisasi dimulai dengan dengan Keynote Speech oleh Plt. Kakanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Iwan Handoko, yang mantan Kepala KPPN Nabire ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas Laporan Keuangan yang dimulai dari proses transaksi yang didukung dengan proses bisnis, cara dan metode yang tepat. Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo siap dan terbuka untuk memberikan pelayanan, bimbingan, konsultasi, serta sharing knowledge seluas-luasnya terkait pengelolaan keuangan daerah. Kemudian Kegiatan Sosialisaasi dibuka secara langsung oleh Bupati Boalemo, Hi. Darwis Moridu. Di dalam sambutannya Bupati Boalemo memberikan dorongan kepada jajarannya untuk bersemangat belajar dalam sosialisasi ini dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah dibina dengan Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada Pemda Kabupaten Boalemo oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia atas tercapainya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo Tahun 2017. Penyerahan diwakilkan oleh Plt. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo kepada Bupati Boalemo.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 4-5 Oktober 2018. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi telah dilaksanakan diawali dengan materi penyampaian tata cara pengelolaan dan penatausahaan kas yang telah dilakukan oleh Pemerintah Pusat disampaikan oleh Kepala Seksi ASPLK Kanwil DJPb Prov. Gorontalo, Wakhid Susilo. Selanjutnya bimbingan teknis aplikasi pengelolaan kas berdasarkan transaksi kas di bendahara daerah tiap SKPD di Pemda Kabupaten Boalemo selama tahun 2018 yang dilanjutkan sampai dengan keesokan harinya. Sesi terakhir materi terkait Verifikasi Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara dibawakan oleh Kepala Seksi PSAPD Kanwil DJPb Prov. Gorontalo, Martinus Hanung Setyawan. Kegiatan sosialisasi ditutup oleh Kepala Bidang PAPK Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Eko Wahyu Budi Utomo dengan menekankan pentingnya upaya peningkatan terus-menerus pelaksanaan pengelolaan keuangan negara yang semakin baik.

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita