Mengenalkan APBN Sejak Dini Melalui Program Kemenkeu Mengajar

INDONESIASATU.CO.ID:

GORONTALO - Senin (23/10) Kementerian Keuangan kembali menggelar kegiatan " Kemenkeu Mengajar 2 " serentak di 51 kota di Indonesia. Untuk Perwakilan Kemenkeu Propinsi Gorontalo dilaksanakan di SDN 33 Kota Gorontalo. Para Relawan Pengajar adalah pejabat dan pegawai Kemenkeu yang terdiri dari Kantor Wilayah DJPB Gorontalo, KPKNL, KPP, KPPN dan KPBC. Kepala Perwakilan Kemenkeu Gorontalo, Ismed Saputra, yang turut serta sebagai pengajar, menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke 71. Kegiatan ini merupakan tahun ke 2 yang sebelumnya hanya dilaksanakan di 6 kota. Tahun ini diperluas hingga 51 kota di Indonesia. Kemenkeu mengajar bertujuan mengenalkan peran Kementerian Keuangan dalam mengelola APBN untuk pembangunan di Indonesia, tentu dengan penyampaian yang mudah dipahami oleh anak anak tingkat sekolah dasar di berbagai tingkatan. Selain itu mengenalkan profesi di Kemenkeu, memberikan pemahaman tentang perilaku baik sehari hari, memberikan motivasi dan membangun cita-cita.

Kegiatan ini disambut antusias oleh para peserta didik, karena proses belajar mengajar dirancang sedemikian rupa melalui permainan yang bersifat edukatif dan mudah dipahami. Kepala SDN 33 Kota Gorontalo, Rahmin Puluhulawa, menyambut baik kegiatan ini dan berharap anak anak didik punya wawasan baru tentang Kementerian Keuangan dan juga termotivasi dan dapat membangun cita cita mereka untuk berkiprah nantinya di berbagai bidang di Kemenkeu.

Pemahaman tentang pajak yang dikumpulkan negara dan digunakan untuk pembangunan serta bagaimana Menteri Keuangan sebagai bendahara, menerima, meyimpan, menyalurkan serta untuk apa saja uang tersebut digunakan, dengan penjelasan yang mudah dimengerti dan permainan yang dilakukan perkelompok membuat anak anak sangat antusias.

Salah seorang pengajar yang juga Kepala KPPN Gorontalo, Totok Suyanto, menyatakan sangat senang atas antusiasme anak anak dalam mengikuti pembelajaran, dan bangga dengan relawan Kemenkeu mengajar yang merupakan para generasi muda pegawai Kemenkeu yang punya kepedulian dan merancang kegiatan tersebut. Semoga pada tahun depan relawan yang terlibat dapat lebih banyak lagi sehingga jangkauan kegiatan bisa lebih banyak sekolah, harapnya.

Index Berita