Kanwil DJPB Gorontalo Lakukan FGD Persiapan Pelaksanaan APBN Tahun 2018

Wartagorontalo.com : gorontalo - Dalam rangka mendukung pelaksanaan penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2018, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo pada tanggal 14 Desember 2017 bertempat d Aula Kanwil DJPB Gorontalo, menyelenggarakan Focus Group Discussion dengan tema “ Kebijakan APBN Tahun 2018 ”. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Ismed Saputra,  dengan nara sumber, Bekti Wicaksono, Kepala Seksi Peraturan Direktorat Pelaksanaan Anggaran. Sementara persera FGD adalah seluruh Pejabat dan pegawai Kanwil DJPB Propinsi Gorontalo, perwakilan pegawai KPPN Gorontalo, Kepala KPPN Gorontalo, Kepala KPPN Marisa.

Narasumber menyampaikan bahwa Belanja Pemerintah di tahun 2018 senilai Rp. 2.220,7 T, dimana terdiri dari pendapatan Rp. 1.894,7 T, dan pembiayaan  (defisit anggaran) sebesar Rp 325,9 T. Defisit anggaran tahun 2018 ini ditargetkan 2,19% PDB, lebih rendah dari tahun 2017 sebesar 2, 67% PDB. Alokasi APBN ini difokuskan pada sektor-sektor prioritas yaitu Kemiskinan dan kesenjangan, infrastruktur, sektor unggulan , Aparatur Negara dan pelayanan masyarakat, Pertahanan Keamanan dan Demokrasi. Selain itu disampaikan  juga bahwa dalam rangka pelaksanaan anggaran 2018 diperlukan beberapa strategi diantaranya adalah mempercepat eksekusi anggaran, ketepatan waktu pencapaian output, simplikasi regulasi dan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran. 

Terdapat beberapa kesimpulan dari hasil diskusi dalam FGD ini yaitu diantaranya  Satker perlu segera menyiapkan pelaksanaan anggaran 2018, diperlukan sinergi antara K/L dan Pemerintah Daerah termasuk penyusunan juklak dan juknis, Pemerintah Daerah perlu segera menetapkan APBD, dan menjaga good governance serta akuntabilitas anggaran.