Gorontalo Tuan Rumah MUSRENBANG Regional Wilayah Sulawesi

INDONESIASATU.CO.ID:

gorontalo - Selasa (3/4) Musyarawah Perencanaan Pembangunan Regional Wilayah Sulawesi resmi dibuka pukul 19.30 bertempat di Grand Palace Convention Center kota Gorontalo. Dalam laporan Kepala BAPPEDA Prop. Gorontalo selaku ketua panitia, Budianto Sadiki, menyampaikan bahwa pertemuan diikuti seluruh Gubernur, Bupati, Walikota se-Sulawesi, anggota DPD, anggota DPR RI wakil dari Gorontalo, Pimpinan DPRD Prop/Kab/Kota para pimpinan instansi vertikal dan pimpinan OPD Propinsi Gorontalo serta dihadiri Sekretaris Jenderal Kemendagri dan Deputi Bappenas.

Dalam sambutan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, menekankan pentingnya implementasi kesepakatan para Gubernur se-Sulawesi dituangkan dalam rencana pembangunan di setiap propinsi sehingga terjalin sinergi yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Sulawesi. Ketua BKPRS yang juga Gubernur Sulawesi tengah, Longki Djanggola, memaparkan bagaimana para pimpinan daerah bersama sama melakukan perencanaan pembangunan terintegrasi yang memacu pertumbuhan ekonomi masing masing wilayah propinsi di sulawesi, dan mengurangi tingkat kemiskinan. Mendagri yang diwakili Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo, memberikan arahah kebijakan pembangunan wilayah nasional tahun 2019 dan indikator serta sasaran pengembamgan wilayah sulawesi per propinsi tahun 2015 - 2019. Hadi Prabowo, mengingatkan kembali 5 prioritas nasional RKP 2019, yang merupakan tahun terakhir pelaksanaan NAWACITA serta isu isu strategis lainnya dalam pembangunan.

Pertemuan yang dirangkaikan dengan Musrenbang tingkat propinsi Gorontalo, akan dilanjutkan rabu (4/4) dengan pemaparan dari Kementerian terkait tentang implementasi SDG's, Kebijakan pembangunan pariwisata nasional, Kebijakan pembangunan konektifitas se-Sulawesi  dan usulan kebersamaan se-Sulawesi "Deklarasi Hulonthalo" 2018.

Ditemui terpisah salah satu tamu undangan yang juga Kakanwil Ditjen Perbendaharaan propinsi gorontalo, Ismed Saputra, mengungkapkan bahwa pertemuan pementah daerah regional sulawesi ini sangat penting dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) masing masing terkait konektifitas antar daerah yang dapat menunjang sektor pariwisata di Sulawesi. Apabila terdapat sinergi dalam menyusun RKPD diharapkan pariwisata gorontalo dapat maju dan memberikan kontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan disamping sektor unggulan lainnya. 

 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita