Bimtek Rekonsiliasi Barang Dan Keuangan Untuk Hasilkan LKPD Berkualitas.

Wartagorontalo.com: Tilamuta - Pemkab Boalemo mengundang seluruh kepala subbagian keuangan dan tata usaha serta bendahara barang Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Rekonsiliasi Barang dan Keuangan Yang Optimal (SINGKAP) yang bekerjasama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo. Kegiatan yang berlangsung di Aula Hotel Grand Amalia Tilamuta pada 16 dan 17 Oktober 2017, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017 sehingga bisa meraih capaian tertinggi.

Pada hari pertama, Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Boalemo, H.Darwis Moridu,  yang menyampaikan harapan besar dalam upaya meningkatkan kualitas LKPD serta kembali meraih kembali opini WTP untuk LKPD TA 2017.  Kepala BKAD Pemkab Boalemo, Sukril Gobel, memberikan sambutan dan arahan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan bimtek dengan baik dan tuntas. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Kepala Bidang PAPK, Eko Wahyu Budi Utomo, memaparkan terkait hasil audit BPK terhadap LKPD Tahun 2016 untuk seluruh pemerintah daerah di Indonesia yang menunjukkan bahwa permasalahan aset tetap dan persediaan belum tertib / memadai. Hal ini menunjukkan bahwa penatausahaan aset tetap dan persediaan sangat penting untuk diperhatikan.
Dalam kegiatan ini Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo menyampaikan materi terkait akuntansi aset tetap sesuai PSAP oleh Kepala Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah, Rahadian Setyo Noegroho, yang dilanjutkan pemaparan mengenai mekanisme rekonsiliasi internal SOPD, pemutakhiran data pada Pengelola Barang, serta Rekonsiliasi antara Pengelola Barang dan Pengelola Keuangan oleh Kepala Seksi Analisa, Statistik, dan Penyusunan Laporan Keuangan, Wakhid Susilo. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan pemaparan mengenai Laporan Barang Milik Daerah. Kegiatan hari kedua difokuskan untuk penginputan data-data terkait rekonsiliasi internal SOPD serta pencetakkan laporan-laporan barang penyusun laporan BMD
.

Diharapkan dengan berjalannya proses rekonsiliasi barang dan keuangan yang lebih awal akan meningkatkan akurasi data dan memudahkan penyusunan laporan keuangan tahun 2017.

Index Berita